KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) PADA SATUAN MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.1Keywords:
asesmen kompetensi madrasah indonesia (akmi), madrasah ibtidaiyahAbstract
Kebijakan Asesmen Kompetensi adalah kebijakan Pemerintah dalam rangka memetakan mutu pendidikan pada seluruh sekolah dan program kesetaraan, baik pada jenjang dasar maupun menengah. Di Kementerian Agama, Kebijakan Asesmen Kompetensi diadopsi dan dikembangkan menjadi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Artikel ini bertujuan untuk membahas Kebijakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada Satuan Madrasah Ibtidaiyah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa Kebijakan AKMI di Madarasah Ibtidaiyah telah diatur secara terperinci dalam Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021 and 2022 yang mana meliputi 17 (tujuh belas) poin. Ketujuh belas poin tersebut dijelaskan secara terperinci dari mulai poin pendahuluan sampai dengan pemantauan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan AKMI. Selanjutnya, kebijakan AKMI diberlakukan dengan tujuan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Selain itu, Sedangkan fungsi dari kebijakan AKMI adalah untuk: (a) mendiagnosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran; (b) bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah, (c) bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah, khususnya pada satuan Madrasah Ibtidaiyah.
Downloads
References
Andikayana, D.M., Dantes, N., & Kertih, I.W. (2021). Pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi membaca level 2 untuk siswa kelas 4 SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(02), 81-92.
Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis kebijakan pemerintah pada assesmen kompetensi minimum (AKM) sebagai bentuk perubahan ujian nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(3), 252-260.
Hidayat, Y., Herniawati, A., & Ihsanda, N. (2022). The use of drilling technique to teach english speaking to the early childhoods: A descriptive study. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i1.66.
Hilda, N.R., Zahwa, N., Astuti, T.K, Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 110-119.
Misbah, A. (2022). Studi analisis kesiapan guru dan siswa dalam implementasi kebijakan asesmen kompetensi minimum pada madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 221-238.
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan calon guru SD dalam implementasi asesmen nasional. Jurnal Papeda, 3(2), 76-85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120.
Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2021. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2022. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Ramdhani, M.A. (2021). Prosedur operasional standar penyelenggaraan asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2021. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
Rufiana, I. S., Harianto, A., & Arifin, S. (2023). Penguatan kompetensi pedagogik guru madrasah pada kurikulum merdeka: bimtek pelatihan tindak lanjut hasil AKMI tingkat madrasah. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 294-303.
Sofyan, F.A., Alfarizi, M.R., Liza, T., Sapitri, W., Riyani, R., & Khoirunnisa, N. (2022). Upaya guru dalam mempersiapkan assesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI) literasi numerasi pada kelas v MI Palembang. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 419-427.
Sumo, M., Mansur, M., & Hidayat, T. (2023). Strengthening literacy: Assistance by the AKMI service team 2022. Al-Ridha: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 15-26. https://doi.org/10.58223/al-ridha.v1i1.51.
Susanti, L.D., Pahrudin, A., & Yetri. (2021). Analisis pelaksanaan asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). Journal of Interdisciplinary Science and Education, 1(2), 17-24.
Susanti, L.D., & Pahrudin, A. (2022). Analisis pelaksanaan asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). Journal of Interdisciplinary Science and Education, 1(2), 17-24.
Yusrianum, Y., & Nurmawati, N. (2022). Analisis penilaian karakter berbasis asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 329-338. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.288.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rahmat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




