PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 2 SUKASARI
DOI:
https://doi.org/10.61580/itsb.v3i1.112Keywords:
Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Peserta Didik Sekolah DasarAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan esensial bagi peserta didik untuk menunjang pemahaman konsep matematika dan penerapannya dalam berbagai situasi kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VI SDN 2 Sukasari. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan 62,5% peserta didik pada kelompok eksperimen mencapai kategori sangat tinggi, dibandingkan dengan peningkatan yang kurang optimal pada kelompok kontrol dengan capaian sedang. Uji-t mengonfirmasi perbedaan signifikan antar kelompok (p < 0,001), sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VI SDN 2 Sukasari.
Downloads
References
Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202
Apsari, P. L., Sudarma, I. K., & Bayu, G. W. (2024). Pengaruh model problem based learning berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3686–3697. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7350
Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem based learning berbantuan icebreaker berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 2–9.
Azwar, S. (2013). Azwar_penyusunan skala psikologi.pdf (IV).
Azzahra, H. A., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2023). Penerapan pembelajaran index card match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(2), 201. https://doi.org/10.17977/um009v32i22023p201-211
Hikmah, A. W., Mulyono, N., & Hidayat, Y. (2024). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Intisabi, 2(2), 176–193. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i2.69
Isrok’atun, I. (2023). Tuntutan pemebelajaran matematika SD di abad 21. Bandung: Refika Aditama.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (3rd ed.). Yogyakarta: Quadrant.
Kamid, K., Sabil, H., Syafmen, W., & Triani, E. (2021). A study of problem based learning and mathematics process skills in elementary school. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37157
Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontong, D. F., & Tuerah, R. M. S. (2023). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268–1278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5711
Ningrum, P. W., Nuraeni, F., & Caturiasari, J. (2023). Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan, 21(2), 646–652. https://doi.org/10.53515/qodiri
Noer, S. H. (2019). Desain Pembelajaran Matematika, untuk mahasiswa program studi pendidikan matematika edisi 2 (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putra, L. V., Suryani, E., & Sundari Lia Oktaviani, T. (2022). The influence of problem-based learning assisted by mathica to improve the problem-solving ability of elementary school students. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(4), 1–7. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.39868
Putriana, H. N., Fajriyah, K., & Suyitno. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SDN 2 Kepoh Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 920–936. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2024
Saputra, H. (2022). Improving mathematics Pproblem-solving ability with problem-based learning in V grade students. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 12(1), 28. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v12i1.6401
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukamti, T., & Mawardi, M. (2024). Efektifitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 189–205. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.1862
Suprihatiningrum, J. (2020). Strategi pembelajaran.pdf (1st ed.). Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Upu, H., Djam’an, N., Patimbangi, A., Ardillah, A., Mytra, P., & Adnan, Y. A. (2022). Problem based learning dalam pembelajaran matematika (1st ed.). Gowa: Global Research and Consulting Institute.
Yunirani, S., Roshayanti, F., Afriningsih, Y., & Prima, F. (2024). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media PADUDI terhadap hasil belajar kognitif materi analisis data dan peluang pada siswa kelas V A SDN Mlatiharjo 01 Semarang. 4(4), 16496–16507. https://doi.org/10.31004/inovatif.v4i4.14890
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nova Nursanty, Endang Masluh Effendi, Ratna Widianti Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




