PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.61580/khitabah.v1i2.70Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat menabung mahasiswa di bank Syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 260 responden dan sampel berjumlah 158 responden yang berasal dari mahasiswa STAI Putra Galuh Ciamis. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sebanyak 22 item pertanyaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diolah menggunakan software SPSS versi 25. Persepsi mahasiswa tentang brand image yang dimiliki bank Syariah itu baik dengan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,935, angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Mahasiswa berminat menabung di bank Syariah memiliki alasannya masing-masing yaitu karena adanya manfaat dan kebutuhan serta produk di bank Syariah bervariasi dan berdasarkan prinsip Syariah. Variabel brand image memiliki t hitung sebesar 10,996 dan nilai tersebut menunjukkan lebih besar dari t tabel 1,975 atau 10,996 > 1,975 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel brand image (X) berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa sebesar 43,7%