PENGARUH BAGI HASIL, RELIGIUSITAS, RESIKO DAN PRODUK PADA MINAT NASABAH BANK MUAMALAT
DOI:
https://doi.org/10.61580/khitabah.v1i2.81Abstrak
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh bagi hasil terhadap minat nasabah dalam memilih bank muamalat di Kabupaten Ciamis. 2) Bagaimana pengaruh religiusitas terhadap minat nasabah dalam memilih bank muamalat di Kabupaten Ciamis. 3) Bagaimana pengaruh resiko terhadap minat nasabah dalam memilih bank muamalat di Kabupaten Ciamis. 4) Bagaimana pengaruh produk terhadap minat nasabah dalam memilih bank muamalat di Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Muamalat Indonesia di Ciamis menunjukkan kinerja sangat baik dalam berbagai aspek, termasuk bagi hasil, religiusitas, risiko, dan produk. Namun, beberapa area perlu diperbaiki, seperti kejelasan perjanjian bagi hasil, dengan memastikan dokumen disusun dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta memperkuat kerjasama tim.