Mengapa Pendidikan Karakter di SD/MI Penting?

Authors

  • Ratna Widianti Utami PGMI, STAI Putra Galuh Ciamis, West Java, Indonesia
  • Eka Atika Sari PGMI, STAI Putra Galuh Ciamis, West Java, Indonesia
  • Sri Ulfa Insani Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.28

Keywords:

Character education, character education values, implementation of character education

Abstract

Pendidikan  karakter merupakan suatu upaya dalam menyiapkan peserta didik yang lebih baik dalam  dimensi agama, sosial, budaya yang diwujudkan dalam bentuk perkataan, perbuatan, pikiran, sikap, dan kepribadian. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji seberapa penting penanaman karakter di SD/MI.  Pendidikan karakter saat ini menjadi hal yang harus di tanamkan pada peserta didik karena melihat kondisi moral anak bangsa yang semakin hari semakin memprihatinkan, betapa banyaknya penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik.  Melihat keadaan ini, tentu pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar. Peran pendidikan dalam menghasilkan generasi yang berkualitas, tangguh, dan berkarakter harus dimaksimalkan. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memaparkan hasil pengamatan dan kajian pustaka. Berdasarkan hasil pengamatan dan kajian pustaka diperoleh kesimpuan bahwa pendidikan karakter di SD/MI seabagai fondasi yang harus kuat demi keutuhan rangkaian pendidikan selanjutnya, sehingga harus terus di tumbuh kembangkan kepada generasi bangsa sedini mungkin sebab kesuksesan peserta didik tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill), tetapi juga diperukan keseimbangan dalam kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Artikel ini akan mengkaji terkait pendidikan karakter, nilai-nilai karakter dan implementasinya di SD/MI.

Published

2024-05-14

How to Cite

Utami, R. W., Sari, E. A. ., & Insani, S. U. . (2024). Mengapa Pendidikan Karakter di SD/MI Penting?. Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.28

Issue

Section

Articles