Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Konsep Gerak Benda

Authors

  • Nia Nuroniah STAI Putra Galuh Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurlatifah Nurlatifah STAI Putra Galuh Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
  • Eka Atika Sari STAI Putra Galuh Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.34

Keywords:

Model Pembelajaran Mind Mapping, Pemahaman Peserta Didik, Konsep Gerak Benda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara dengan guru di SD Negeri 1 Pawindan bahwa terdapat beberapa permasalahan mengenai pembelajaran IPA di kelas IV terutama dalam materi gerak benda, hal tersebut didasari kurangnya pemahaman siswa pada konsep IPA. Ketika pembelajaran siswa cenderung kurang aktif dan tidak ada keinginan untuk bertanya. Berdasarkan hasil observasi masalah tersebut diakibatkan karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru, lingkungan sekolah, dan model pembelajaran kurang dimanfaatkan. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen, desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Pawindan Ciamis. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dari kelas IVa dan IVb dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dibantu menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Pemahaman siswa yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan model mind mapping pada materi konsep gerak benda di kelas IV SDN1 Pawindan dengan rata-rata nilai 74,67 dan termasuk ke dalam kategorisasi baik (2) Pemahaman siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping pada materi konsep gerak benda di kelas IV SDN1 Pawindan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,33 termasuk ke dalam kategorisasi sangat baik (3) Pemahaman siswa dari kedua kelas tersebut berbeda secara signifikan. Dengan kesimpulan terdapat pengaruh signifikan penggunaan model mind mapping terhadap pemahaman siswa tentang konsep gerak benda di kelas IV SDN1 Pawindan.

Published

2024-05-16

How to Cite

Nuroniah, N., Nurlatifah, N., & Sari, E. A. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Konsep Gerak Benda. Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.34

Issue

Section

Articles