Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Pemahaman Peserta Didik Mengenai Kegiatan Ekonomi Jenis-Jenis Usaha Masyarakat

Authors

  • Reny Yulisnawati PGMI, STAI Putra Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurlatifah Nurlatifah PGMI, STAI Putra Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
  • Eva Fauzia Sri Hidayati PGMI, STAI Putra Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.36

Keywords:

Learning Models, Cooperative Script, Understanding

Abstract

IPS adalah mata pelajaran yang penuh dengan konsep hapalan dan cenderung nmembosankan bagi siswa sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman mereka terhadap materi pelajaran tersebut. Penggunaan model bervariatif yang memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan rasa keingintahuan mereka dalam mencari pengetahuan baru sangat diperlukan, sehingga siswa tidak merasa jenuh, bermakna dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran IPS. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan model Cooperative Script terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode True eksperiment komparatif dengan desain Pretesr- Postest Control Group desihn. Kelas pembanding (kontro) dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Cooperative type Example non- Example. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script (X) terhadap pemahaman peserta didik (Y). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Cooperative script terhadap pemahaman IPS peserta didik mengenai kegiatan ekonomi jenis-jenis usaha masyarakat.

Published

2024-05-17

How to Cite

Yulisnawati, R., Nurlatifah, N., & Hidayati, E. F. S. . (2024). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Pemahaman Peserta Didik Mengenai Kegiatan Ekonomi Jenis-Jenis Usaha Masyarakat . Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.36

Issue

Section

Articles