Metode Demonstrasi Berbasis VAK (Visual Auditori Kinestetik) dan Implikasinya Terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa

Authors

  • Eka Atika Sari STAI Putra Galuh Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
  • Ratna Widianti Utami STAI Putra Galuh Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.33

Keywords:

demonstration method, curiosity

Abstract

Sikap rasa ingin tahu adalah suatu watak yang harus diperoleh dan ditumbuhkan pada semua siswa, oleh karena itu pengajaran pendidikan harus berupaya untuk menumbuhkan dan memperluas rasa keingintahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa kelas IIIA SDN 1 Sindangrasa dengan memanfaatkan metode demonstrasi berbasis  visual, auditori, dan kinestetik (VAK). Jenis penelitian menggunakan penelitian  tindakan kelas (PTK) yang didasarkan pada model yang dibuat oleh Kemmis dan McTagart. Metodologinya terdiri dari beberapa langkah, antara lain refleksi awal, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdapat dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Siswa kelas IIIA SDN 1 Sindangrasa berjumlah 24 orang yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data non-tes. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam metodologi analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap rasa ingin tahu siswa. Rasa keingintahuan siswa yang semakin meningkat pada setiap siklusnya menjadi bukti akan hal tersebut. Temuan ini menunjukan bawa metode demonstrasi berbasis visual, auditori, dan kinestetik (VAK) dapat meningkatkan sikap rasa ingin tau siswa.

Published

2024-05-16

How to Cite

Sari, E. A., & Utami, R. W. . (2024). Metode Demonstrasi Berbasis VAK (Visual Auditori Kinestetik) dan Implikasinya Terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa . Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.61580/jeesica.v1i1.33

Issue

Section

Articles